Jumat, 11 Januari 2008

Variasi Dalam Belajar

Seharian kita duduk di bangku kelas dan kemudian dilanjutkan lagi di rumah atau di kost kadang membuat kita jenuh dan bosan untuk belajar. Karena hal tersebut tidak adanya variasi dalam belajar. Hanya terpaku pada satu tempat saja. Otomatis rasa malas pada diri kita akan muncul. Untuk mengantisipasi hal tersebut, ada beberapa cara agar kita tidak merasa cepat bosan dan jenuh dalam belajar juga untuk membuat suasana belajar menjadi enjoy :
  1. Saat belajar hendaknya kita memilih tempat yang benar-benar bebas dari gangguan luar. Misalnya di teras, di kamar, ruang tamu, dan tempat lain yang kita anggap nyaman untuk belajar. Karena hal itu benar-benar dapat membantu kita dalam berkonsentrasi saat belajar.
  2. Apabila kita seorang pecinta musik dan benar-benar tidak bisa belajar tanpa iringan musik, nggak ada salahnya sambil mendengarkan musik. Asalkan kewajiban utama kita untuk belajar tidak ditinggalkan.
  3. Jangan membuang-buang waktu. Maksudnya kita mempunyai target tertentu dalam belajar.
  4. Kadang kita bosan belajar di rumah terus atau di kamar kost, sekali-kali bolehlah kita mencari suasana baru misal belajar di rumah atau di kost teman.
  5. Ini yang mungkin sering kita anggap remeh. Yaitu membuat buku catatan kita semenarik mungkin agar tidak bosan membaca buku catatan kita.
Mungkin di luar kampus atau di luar sekolah kita mempunyai banyak kegiatan yang lainnya. Agar kita tidak malas dalam belajar, maka jangan jadikan belajar itu sebagai beban. Tapi jadikan belajar sebagai kebutuhan kita. Dan ciptakan suasana yang benar-benar enjoy dalam kita belajar. Demikian beberapa contoh variasi dalam belajar, dan ada sebuah pepatah mengatakan " Kejarlah apa yang menjadi cita-citamu ". CAYO !!!!

Tidak ada komentar: